Cara Membedakan Konslet di HP, Short Kapasitor atau IC

Ciri full short pada Kapasitor
- Jika dihubungkan dengan power suply maka jarum ampere akan tidak stabil/ langsung jeglek, naik turun dan ada bunyi beep, cara mengatasinya adalah dicari dengan cara manual, jika dianalisa kurang akurat maka juga bisa menggunakan MBR rakitan. jika sudah ketemu maka buang saja kapasitornya, jika sudah dibuang maka HP kembali normal.

Ciri full short pada IC
- Jika dihubungkan pada HP maka jarum ampere akan berhenti pada 0,5 ampere dan tidak turun lagi (Power Suply tidak berbunyi)
- Ukur juga menggunakan multitester analog, positif pada positif dan negatif pada negatif, atau dibalik, jika tetap menggantung di tengah maka dipastikan IC ada yang short.
- Lalu cara mengeceknya adalah disambungkan ke power suply distabilkan dengan dikasih tegangan, lalu diraba-raba mana bagian yang hangat.
- Ditemukan di banyak kasus seperti ini beberapa kapasitor yang searus dengan IC yang rusak juga ikut-ikutan short, tapi bukan pada kapasitornya yang harus diperbaiki, karena menurut indikasi kita yang pertama maka IC nyalah yang harus diperbaiki, kapasitor ikut ngeground karena kapasitor tersebut jalurnya sama dengan IC yang short.
- Jika jarum berhenti di 0,2 biasanya pada IC power, 0,6 pada IC CPU.dengan catatan sebelum menekan tombol power, jarumnya naik dan tidak turun maka short terdapat pada IC.
- bersihkan timah-timah sisa kaki-kaki IC di PCB, lalu coba lagi IC, tapi sebelumnya di reflash dulu (mempresisikan lagi pin-pin di IC dengan pin-pin di PCB)
- bersihkan kaki pin di IC / diratakan (dikasih flup lalu dibersihkan dengan menggunakan soldier.
- jika setelah dipasang lagi masih terjadi short maka yang short adalah mesin IC nya bukan jalur pinnya.

Artikel Terkait:

Komentar

  1. Kalau short pada kapasitor berarti harus dibuang ya Mas..? Tapi kenapa tidak diganti kapasitornya. Apa bisa hidup tanpa diganti dulu kapasitornya..?

    BalasHapus
  2. Gan, minta info dong kalau ada forum teknisi. Baik WA atau apa aja

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dasar Servis HP

Dasar Reparasi HP